Gulali, Riwayatmu Tak Semanis Rasamu

Gulali, Riwayatmu Tak Semanis Rasamu

 

 

Siapa yang tak kenal Gulali? Gulali merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang sangat populer pada masanya. Ketika belum banyak permen atau lollipop kemasan seperti sekarang, anak-anak kecil lebih suka membeli gulali yang dijual oleh para pedagang keliling.

Gulali tradisional memiliki beberapa jenis, salah satunya gulali yang terbuat dari gula pasir. Gulali ini lebih terlihat berwarna karena para penjual gulali ini biasanya memberikan pewarna makanan sehingga membuatnya lebih menarik.

Untuk menjajakan jajanan tersebut di masa sekarang sebenarnya sudah terlalu jadul. Meski begitu, Kamad (62) sebagai penjual gulali tradisional tetap bertahan di tengah persaingan. Pengalamannya yang baru seumur jagung tak lantas membuatnya menyerah untuk bertahan hidup.

Perjuangan seorang penjual jajanan keliling tidak bisa dianggap remeh. Diguyur hujan deras dan sepi pembeli adalah rintangan yang harus dihadapi. Keterbatasan modal dan penghasilan yang pas-pasan membuat pria asal Pemalang ini tidak bisa mengembangkan usahanya ke bidang lain.

 

(Teks dan foto : Edwin B/ Obsessionnews) @budiarsoedwin

 

 

Kamad bersiap untuk dagang

 

 

Proses pembuatan gulali tebu

 

Kamad menjajakan dagangannya

 

Beberapa anak membeli gulali tebu

 

 

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.