Gandeng Jerman, Pelni Siapkan Tiga Kapal Baru

Gandeng Jerman, Pelni Siapkan Tiga Kapal Baru
Ilustrasi Kapal Pelni.

Jakarta, Obsessionnews.com – PT. Pelni terus memordenisasi kapal-kapal sebagai alat transportasi utama di laut. Dalam waktu dekat ini perusahaan milik BUMN ini akan mendatangkan tiga kapal baru buatan Jerman. Tiga kapal baru ini akan mengganti kapal sebelumnya demi menunjang kenyamanan penumpang.

Direktur Utama PT. Pelni, Elfien Guntoro mengatakan, kapal penumpang dari Meyer, Jerman tersebut memiliki kapasitas yang besar dan tak hanya untuk penumpang saja, tetapi juga bisa dimaksimalkan untuk fungsional kontainer. Langkah ini sudah dibicarakan dengan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

“Ada beberapa alternatif. Tapi pak Menko maunya juga melibatkan produksi dalam negeri. Jadi nanti sistemnya kerjasama, apa yang bisa dilakukan bekerjasama dengan Jerman,” ujar Elfien di Kantor Menko Maritim, Senin (12/6/2017).

Elfien mengatakan, pihaknya masih mencari harga yang memungkinkan untuk bekerjasama dengan Jerman. Karena itu, Pelni juga menyiapkan galangan kapal dalam negeri. Sebab, Jerman sendiri mengajukan setidaknya harga 70 juta euro untuk satu buah kapal.

“Kita coba berbagai alternatif, agar speksifikasinya bisa memenuhi standar, tetapi dengan harga yang terjangkau,” ujar Elfien.

Kapal baru ini nanti rencananya akan melayani rute Jakarta Surabaya dan Makasar. Jika kapal dengan kapasitas besar ini bisa dikerjasamakan dengan galangan kapal Indonesia, maka bisa dikembangkan lebih baik lagi. Sehingga harga pun menjadi efisien, tanpa mengurangi kualitas.

“Ya, kapal ini nantinya akan memenuhi rute rute yang selama ini kurang ekonomis. Terutama indonesia timur seperti ambon, sorong,” ujar Elfien. (Albar).

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.