Gallup Anugerahi BCA sebagai Perusahaan yang Memiliki Lingkungan Kerja yang Positif

Gallup Anugerahi BCA sebagai Perusahaan yang Memiliki Lingkungan Kerja yang Positif
Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja (kedua kiri) menerima penghargaan yang diserahkan Manajer Gallup Singapura dan Asia Tenggara Chee Tung Leong (kiri) disaksikan Direktur BCA Subur Tan (tengah), Kepala Divisi Human Capital Management BCA Lianawaty Suwono (kedua kanan) dan Kepala Divisi Pembelajaran dan Pengembangan BCA Lena Setiawati (kanan) dalam penghargaan Gallup Great Workplace Award di Jakarta, Selasa (9/6). Atas komitmennya menciptakan lingkungan kerja yang positif dan menjaga kualitas sumber daya manusia perusahaan, BCA menjadi satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang menerima penghargaan tersebut.

Sebagai perusahaan konsultan strategis yang telah memiliki lebih dari 80 tahun pengalaman dengan jangkauan global, Gallup kembali menyelenggarakan Gallup Great Workplace Award (GGWA) 2015.

Gallup Great Workplace Award 2015 merupakan penghargaan yang diberikan kepada beberapa perusahaan di seluruh dunia yang berkomitmen dan berhasil mengembangkan serta membangun lingkungan kerja yang positif dan kondusif. Perusahaan-perusahaan ini memahami bagaimana keterlibatan karyawan adalah kekuatan yang mendorong hasil bisnis perusahaan yang maksimal.

Di tahun ke-8 penyelenggaraannya, Gallup mengundang beberapa perusahaan di seluruh dunia yang berhasil masuk dalam kriteria penghargaan untuk mengikuti GGWA. Untuk dapat mengikuti penghargaan ini sebuah perusahaan haruslah mengikuti employee engagement survey dengan karyawan minimal 1.000 karyawan dengan response rate 80%, menerima kualifikasi skor dalam perhitungan Gallup Q12 employee engagement dan menunjukkan hasil yang nyata antara engagement dengan hasil bisnis.

Setelah proses seleksi yang ketat, terpilihlah 40 perusahaan dari berbagai belahan dunia sebagai pemenang GGWA 2015. Para pemenang untuk tahun 2015 berpusat di berbagai negara seperti Kanada, Cina, Inggris, Amerika Serikat, India, Belanda, Singapura, Thailand, Uni Emirat Arab dan yang tak ketinggalan adalah Indonesia.

Perusahaan asal Indonesia yang berhasil menjadi salah satu pemenang penghargaan ini yaitu PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Tidak hanya menjadi pemenang, BCA berhasil menjadi perusahaan asli Indonesia yang pertama meraih penghargaan ini sejak penghargaan dimulai pada tahun 2007.

Gallup menilai bahwa BCA dapat menumbuhkan kebiasaan yang kokoh. Kesuksesan bank ini pada dasarnya adalah akibat peningkatan kerja dengan cara menjadikan employee dan customer engagement sebagai kebiasaan.

BCA mampu menciptakan lingkungan yang mendorong kebiasaan engagement dengan berbagai strategi diantaranya dengan menyeimbangkan karyawan baru dengan karyawan lama. Karyawan lama akan diberikan pengarahan untuk dapat menjadi inspirasi positif bagi karyawan baru. Sedangkan karyawan baru dapat memberikan ide kreatif sesuai zaman.

Strategi selanjutnya yang dilihat oleh Gallup yaitu bagaimana BCA dapat memperkuat bimbingan dan pembelajaran secara terus menerus di segenap karyawannya. Penelitian Gallup di BCA menunjukkan bahwa pembimbingan memiliki dampak menyebar: orang yang mendapatkan bimbingan lebih mungkin akan membimbing orang lain dibandingkan orang yang tidak mendapatkan bimbingan.

Dengan penghargaan GGWA yang diterima, BCA masuk jajaran 10% perusahaan teratas di seluruh dunia dalam Basis Data Keterlibatan Karyawan Gallup, sekaligus jajaran 20% bank teratas di seluruh dunia dalam Basis Data Keterlibatan Pelanggan Keuangan dan Asuransi Gallup.

Untuk mengetahui hal apa lagi yang Gallup nilai dari BCA terkait dengan pembentukan lingkungan kerja yang positif, silakan kunjungi www.bca.co.id. (ADV)

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.