Jumat, 26 April 24

Full Day School Diyakini Bisa Tingkatkan Kualitas SDM

Full Day School Diyakini Bisa Tingkatkan Kualitas SDM
* Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy.

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, meyakini program sekolah sehari penuh (full day school) dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia.

Menurutnya, program tersebut bisa mencetak generasi bangsa yang mampu bersaing di lingkungan regional maupun internasional.

“Dengan full day school para siswa bisa mendapatkan pelajaran di luar kelas yang bisa membentuk karakter kuat seperti yang diamanatkan pemerintah melalui Revolusi Mental,” kata Muhadjir, Kamis (1/9/2016).

Sebaliknya, Muhadjir khawatir jika hanya belajar hingga pukul 12 siang, para siswa tidak akan maju.

“Kalau ini dibiarkan, maka saat Indonesia berumur 100 tahun di tahun 2045 akan menghasilkan generasi yang lemah dan rentan kalah dalam persaingan di Asia,” jelasnya.

Selain itu, Muhadjir juga menekankan agar dalam upaya pembentukan karakter yang lebih berkualitas juga harus diimbangi dengan minat membaca yang tinggi.

Oleh karenanya ia pun mendukung keputusan mantan Menteri Pendidikan Anies Baswedan yang mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan (Permendikbud) no.23 tahun 2015.

“Saya sangat mendukung pak Anies yang mengeluarkan kebijakan agar membaca 15 menit sebelum belajar dan saya ingin agar Permen ini tetap dilaksanakan,” ujarnya. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.