Rabu, 24 April 24

Fridtjof Nansen Sosok Ilmuwan yang Gemar Berpetualang

Fridtjof Nansen Sosok Ilmuwan yang Gemar Berpetualang
* Doodle hari ini di laman mesin pencari Google . (foto: google.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Doodle hari ini, di laman Google adalah Fridtjof Nansen, pria Norwegia kelahiran 10 Oktober 1861 tersebut memimpin ekspedisi untuk menjadi orang pertama yang berhasil mencapai Kutub Utara pada 1893. Google membuat doodle khusus untuk merayakan ulang tahun ke-156 dari Fridtjof Nansen.

Berita doodle Fridtjof Nansen ini menjadi trending topic di mesin pencari google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia Selasa (10/10/2017) pukul 11.15 WIB, berita ini ditelusuri lebih dari 500.000 kali.

Coret-coretan kreatif di laman beranda mesin pencari Google menampilkan gambar hitam putih yang mengambil inspirasi dari petualangan Fridtjof Nansen menuju kutub dengan ski. Selain itu, ada gambar perahu layar yang sedang mengarungi lautan. Ada juga matahari, bintang dan bulan yang bersinar. Tepat di pojok kanan atas terdapat sebuah buku yang bertuliskan Passeport Nansen, sesekali buku tersebut terbuka, dan terdapat karikatur dua orang yang keluar dari dalam buku itu.

Fridtjof Nansen adalah sosok ilmuwan yang gemar berpetualang. Peraih gelar doktor bidang zoologi dari Royal Frederick University di Oslo ini sudah ahli main ski semenjak muda. Kemampuan tersebut banyak membantunya dalam eksplorasi kutub di kemudian hari.

Eksplorasi Fridtjof Nansen terhenti saat Perang Dunia pertama pecah pada 1914. Pada dekade kedua abad ke-20, setelah perang usai, ketertarikannya bergeser ke politik internasional dan isu-isu humanitarian.

Seperti diketahui, expedisi Fridtjof Nansen mencatat perjalanan paling ke utara ke arah kutub di waktu itu. Pengalaman dan inovasi perlengkapan Fridtjof Nansen jadi acuan generasi-generasi berikutnya yang berniat mencapai Kutub Utara atau Selatan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.