FOTO Mengintip Indahnya Pantai Tersembunyi di Ujung Kulon

Sunset di Pantai Karang Ranjang

 

Pantai Karang Ranjang, sebuah pantai putih bersih tersembunyi yang terletak di Ujung Kulon, Desa Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Pantai pasir putih karang ranjang yang bersih tanpa noda tidak ada penghuni, yang ada hanya debur ombak, hembusan angin dan rerumputan hijau.

Butuh pengorbanan untuk bisa melihat pantai tersembunyi ini, hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki dengan jarak tempuh kurang lebih dua jam perjalanan melalui Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), melewati beberapa jembatan, menyisiri hutan-hutan dan apabila beruntung, kita bisa melihat habitat  badak Jawa (Rhinoceros sondaicus), banteng (Bos javanicus javanicus), ajag (Cuon alpinus javanicus), surili (Presbytis comata comata), lutung (Trachypithecus auratus auratus), rusa (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus), kucing batu (Prionailurus bengalensis javanensis), owa (Hylobates moloch), dan kima raksasa (Tridacna gigas).

Pada awalnya Ujung Kulon adalah daerah pertanian pada beberapa masa sampai akhirnya hancur lebur dan habis seluruh penduduk ketika Gunung Krakatau meletus pada tanggal 27 Agustus 1883 yang akhirnya mengubahnya kawasan ini kembali menjadi hutan.

Tidak berlebihan bila mengatakan pantai ini adalah pantai perawan yang paling indah. Tidak ada jejak kaki manusia dan hewan apapun di pantai itu. Tak pernah terkhayalkan sedikit pun bisa menemukan sebuah pantai cantik, di antara rerimbunan pohon di dalam sebuah taman nasional. Garis pantainya yang panjang sama sekali tidak membosankan untuk dilihat.

Ada di Pantai Karang Ranjang dengan deburan ombak yang sangat tinggi yang berasal dari Samudera Hindia, seperti mendapatkan surga kecil di ujung Pulau Jawa.

 

(Edwin B/Obsessionnews)

 

Seorang wisatawan usai berkunjung ke Ujung Kulon

Pintu masuk Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK)akses menuju pantai Karang Ranjang

Jembatan Cilintang

Peserta lomba Jungle Marathon 2017 melintasi pantai Karang Ranjang

Seorang wisatawan sedang mengabadikan keindahan pantai Karang Ranjang

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.