FOTO Mengejar Fajar Puncak Gunung Gede

FOTO Mengejar Fajar Puncak Gunung Gede
Pendaki di Gunung Gede.

Beriringan menyusuri hutan rimba, melewati shelter (tempat peristirahatan sementara), menapaki bebatuan hingga hamparan pasir untuk sampai menuju puncak. Sebuah perjalanan yang menyatukan jiwa manusia dengan alam dan Sang Pencipta.

Perjalanan para petualang menapaki langkahnya di puncak gunung tertinggi nomor tiga di Jawa Barat, yakni Gunung Gede, Kabupaten Bogor, dengan ketinggian mencapai 2.958 meter dari permukaan laut (mdpl) dan ditetapkan sebagai salah satu dari 5 taman nasional pertama di Indonesia oleh pemerintah Indonesia melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian tahun 1980 yaitu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Kawasan Gunung Gede telah dikenal lama dalam dongeng dan legenda tanah Sunda. Salah satunya naskah perjalanan Bujangga Manik dari sekitar abad-13 telah menyebut-nyebut tempat bernama Puncak dan Bukit Ageung (yakni, Gunung Gede) yang disebutnya sebagai “..hulu wano na Pakuan” (tempat yang tertinggi di Pakuan). Agaknya, pada masa itu telah ada jalan kuno antara Bogor (d/h Pakuan) dengan Cianjur, yang melintasi lereng utara G. Gede di sekitar Cipanas sekarang.

Di Cibeureum, ada suatu batu besar di air terjun Cikundul. Menurut legenda setempat, tempat formasi batu tersebut berada dahulu merupakan tempat dimana seorang yang dipercayai sangat sakti sedang bersila dan melakukan meditasi, saking lamanya bersila dan meditasi, akhirnya orang sakti tersebut berubah menjadi batu. Pada hari kiamat, dipercayai bahwa dia akan berubah wujud menjadi manusia kembali. Dalam cerita ini kejadian alam dan spritual tidak dapat dipisahkan.

Gunung Gede menjadi gunung favorit bagi para pendaki di indonesia, untuk mencapai puncak Gunung Gede bisa masuk melalui tiga jalur pendakian, yaitu Cibodas, gunung Putri di Cianjur dan Salabitana Sukabumi. (Teks & foto: Edwin B/Obsessionnews)

Pintu masuk gunung Gede via Cibodas

Para pendaki melintasi jalur interpretasi Cibodas

Telaga Biru adalah tempat shelter pertama bagi para pendaki

Pertigaan shelter Panyangcangan dimana akses menuju puncak gunung Gede dan akses ke air terjun Cibeureum

Shelter air panas

Tempat persinggahan para pendaki

 

Share artikel ini

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.