FOTO Kalijodo Riwayatmu Kini

FOTO Kalijodo Riwayatmu Kini
Penampakan depan Kalijodo sudah rampung.

LANGKAH Pemprov DKI Jakarta melakukan penggusuran kawasan Kalijodo, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara memang sempat memicu kontroversi dan ditentang sejumlah pihak. Namun kontroversial soal Kalijodo itu kini hilang menyusul penampakan yang terlihat dari hasil transformasi tersebut.

Kini tempat yang dulu dikenal kumuh dan menjadi sarang maksiat, tempat berkumpulnya preman, sarang judi serta menjadi lokasi prostitusi kelas bawah kini berubah jadi taman publik. Pelan tapi pasti, keinginan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, yang saat ini sedang cuti untuk kampanye, memuwujudkan sarana olahraga, gedung serbaguna, monumen, taman bermain anak-anak dan lainnya mulai terwujud.

Terwujudnya taman yang indah dalam waktu yang singkat sekaligus membungkam pihak-pihak yang dulu menentang penggusuran lokasi tersebut. Sebab kecurigaan mereka bahwa lokasi itu akan dibuat menjadi kawasan komersial yang menguntungkan pengembang tidak terbukti.

Bahkan, Kalijodo sudah mulai perlahan-lahan difungsikan untuk rekreasi warga karena dirubah menjadi taman dan tempat permainan Skateboard serta olahraga sepeda BMX yang mumpuni bertaraf internasional.

Selain itu, di kawasan kalijodo juga akan dibangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) seluas 5.000 meter persegi. Skatepark Kalijodo sendiri akan menjadi tempat terbaik bagi para pemain skate dan BMX di Jakarta. Pasalnya, sampai saat ini dua cabang olahraga itu tidak punya lahan bermain yang tertata dengan baik di Ibu Kota. Bahkan skate park Kalijodo akan menjadi tempat pemusatan latihan para atlet untuk perhelatan akbar berskala internasional di antaranya Asian Games dan Olimpiade 2018.

Pembangunan kawasan Kalijodo kini telah mencapai sekitar 95 persen. Kawasan seluas 1,4 hektar ini dirancang sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan melakukan pembersihan Kali Jelangkeng yang mengalir di sepanjang Kalijodo. Dengan kondisi air sungai yang lebih bersih, jernih, dan lingkungan sekitar sungai yang lebih tertata, diharapkan mampu membuat kali Jalangkeng menjadi lokasi wisata air yang terpadu.

Biaya untuk merubah kawasan Kalijodo memang tidak sedikit, yaitu sekitar Rp20 miliar rupiah. Kebutuhan dana tersebut diperoleh melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang merupakan pengeluaran wajib bagi perusahaan-perusahaan swasta. Saat ini, proyek penataan wilayah Kalijodo dikerjakan oleh PT Bumi Serpong Damai (BSD) dan direncanakan selesai pada Desember 2016.

Edwin B/Obsessionnews

 

Sarana tempat bermain anak mulai digunakan.

 

Pekerja membuat pembatas lantai.

 

Penampakan Kalijodo.

 

Batasan wilayah Barat dan Utara.

 

Warga Negara Spanyol, Sergie yang baru beberapa hari di Indonesia bermain Skateboard

 

Pekerja membuat pagar pembatas.

 

Warga Negara Spanyol, Sergie yang baru beberapa hari di Indonesia bermain Skateboard

 

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.