Jumat, 19 April 24

Film Perjalanan Buya Syafii Maarif Raih Penghargaan di California

Film Perjalanan Buya Syafii Maarif Raih Penghargaan di California
* Sutradara film 'Si Anak Kampoeng', Damien Dematra, bersama Buya Syafii Maarif.

Jakarta, Obsessionnews.com – Film layar lebar Si Anak Kampoeng atau The Village Boy karya sutradara multi talenta Damien Dematra kembali meraih penghargaan. Kali ini dianugerahi oleh California Film Awards (CFA) yang berpusat di California, Amerika Serikat pada Rabu (11/1/2017). Film ini mendapat Gold Award dalam kategori Film Asing Terbaik.

CFA merupakan sebuah festival film yang berfokus mencari film-film berkualitas dari berbagai belahan dunia seperti dari Eropa, Amerika Serikat dan Asia Pasifik.

Damien yang juga produser  Si Anak Kampoeng dan terkenal dengan sebutan sang novelis ini mengatakan, dengan diterimanya penghargaan ini menunjukkan bahwa film inspiratif karya sineas dalam negeri dapat diminati sampai ke ujung dunia.

Rilis resmi yang diterima Obsessionnews.com, Selasa (21/1) ini menyatakan, film berdurasi 108 menit menceritakan tentang kehidupan masa kecil tokoh Muhammadiyah, Syafii Maarif, yang pernah menjabat sebagai Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP) dan juga pendiri Maarif Institute.

Film ini dimulai dengan kelahiran seorang anak kampung, putra Ma’rifah Rauf, seorang yang terpandang di Nagari Sumpur Kudus, Sumatera Barat pada tahun 1930-an. Kehidupan sang bocah berputar pada kesahajaan dan keceriaan tentang belajar, mengadu ayam dan sapi, memancing, menyabit rumput, dan menembak,  sampai kematian dan perang revolusi mengoyakkan kehidupannya.

Ia dipaksa berubah. Dalam sebuah titik kisar kehidupan, pilihan demi pilihan dihadapkan padanya. Ia harus mengambil salah satu sebagai keputusan hidup yang ternyata mengubah jalan hidupnya selamanya.

Sebelumnya, Si Anak Kampoeng telah meraih puluhan penghargaan internasional seperti Best Family Family dari Canada International Film Festival pada tahun 2015.

Selain itu, film ini juga pernah menyabet  film terbaik dan sutradara terbaik dari berbagai ajang festival film di benua Amerika, benua Eropa dan Asia.

Film ini dibintangi oleh Radhit Syam (alm.), Ayu Azhari, Pong Hardjatmo, Lucky Moniaga, Inggrid Wijanarko, Virda Anggraini tersebut. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.