Jumat, 19 April 24

Festival Film Hari Perdamaian Sedunia Libatkan 75 Negara

Festival Film Hari Perdamaian Sedunia Libatkan 75 Negara

Jakarta, Obsessionnews – Hari Perdamaian Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 September 2015 akan dirayakan di Jakarta secara meriah, lewat festival film internasional International Film Festival for Peace, Inspiration and Equality (IFFPIE) dan World Humanitarian Awards (WHA). Hingga kini 75 negara telah ikut berpartisipasi dengan mengirimkan film sejak pendaftaran pertama kali dibuka pada Oktober 2014.

Selaku founder dan director IFFPIE dan WHA Damien Dematra mengatakan, pada tahun ini ada 315 film yang ikut bersaing, dan telah dipilih 45 film yang akan ditayangkan dari tanggal 14-21 September 2015.

Nama-nama besar yang ikut menjadi nominasi pada tahun ini diantaranya Adolo Perez (peraih nobel perdamaian), grup musik U2, Dennis Rodman lewat upaya perdamaiannya di Korea Utara, aktor Leonardo DiCaprio, grup musik Pearl Jam, sutradara nominator Oscar Guy Davidi, dan aktor Hollywood Robin Shou lewat karya film tentang Tsunami di Aceh, dan lain-lain.

Rilis yang diterima Obsessionnews, Kamis (3/9), menyatakan tahun lalu, IFFPIE dan WHA juga memberikan penghargaan ‘Man of Inspiration’ kepada Presiden Jokowi.

fest1

Selain itu, festival yang telah berlangsung selama empat tahun ini sebelumnya telah memberikan penghargaan kepada karya karya besar Hollywood diantaranya James Cromwell, Susan Sarandon, David Anders, Julian Sands, dan Martin Sheen.

Sementara Sekjen Dewan Kreatif Rakyat (DKR) Dedeh Kurniasih yang merupakan partner pelaksana festival, pada puncak perayaan Hari Perdamaian Sedunia yang akan diadakan di Planet Hollywood pada tanggal 21 nanti, akan diluncurkan album perdamaian One Love karya penyanyi muda multi talenta Natasha Dematra.

Sebelumnya Natasha telah meraih 15 penghargaan internasional untuk lagu-lagunya, diantaranya Penyanyi Terfavorit Global Music Awards 2015 dan nominasi di Utah Music Awards.

Festival ini juga bekerjasama dengan Relawan Internasional I-Hebat dibawah pimpinan Arie Rahmadani, dimana akan dihadirkan 600 pelajar se-Jabodetabek untuk menyaksikan film-film perdamaian dan kemanusiaan, dilanjutkan dengan sharing kreatifitas oleh sutradara-sutradara ternama, agar terjadi alih pengetahuan untuk generasi muda Indonesia dan tercipta generasi yang kreatif, humanis dan cinta perdamaian.

Tahun ini, IFFPIE dan WHA juga bekerjasama dengan International Film Competition Festival (IFCOMFEST) dalam menghadirkan karya- karya terbaik sineas dunia, diantaranya nonton bareng dan jumpa pers dengan aktor dan sutradara Hollywood, Robin Shou. Kegiatan ini didukung penuh oleh Russian Culture, World Film Council, Cinema XXI, dan Film Festivals Alliance. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.