Kamis, 18 April 24

DPR: Masalah TKA Bukan Sekadar Isu, Tapi Nyata

DPR: Masalah TKA Bukan Sekadar Isu, Tapi Nyata
* Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay .

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi IX DPR RI menilai berbagai macam persoalan tentang tenaga kerja asing (TKA) bukan lagi hanya sebagai isu, tapi sudah benar-benar nyata. Hal itu menyusul dilakukannya sidak oleh Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri tentang keberadaan TKA dan terbukti banyak masalah.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan, masalah itu tidak hanya menyangkut persoalan perizinan dan penyalahgunaan dokumen. Tapi, aksi dan cara kerja mereka di Indonesia juga dinilai banyak masalah.

“Jadi tidak perlu disangkal lagi. Yang penting mencari solusi dan jalan keluar,” ujarnya, Jumat (29/12/2016).

Politisi PAN ini berharap apa yang dilakukan oleh pemerintah tidak hanya sekadar gertak sambel seiring isu ini mencuat. Tapi lebih dari itu, ia meminta sida‎k dilakukan secara berkala dan terus- menerus dan bekerja sama dengan polisi.

“Mudah-mudahan sidak yang dilakukan ini bukan hanya sekadar memadamkan lilin, tetapi sudah menjadi program besar Kemenaker. Saya kira, semua pihak akan mendukung langkah tersebut,” katanya.

Komisi IX DPR DPR masih tetap menunggu tindak lanjut lain dari hasil panitia kerja (panja) pengawasan TKA ilegal. Selain meningkatkan pengawasan, masih ada beberapa rekomendasi lain yang diminta untuk dilaksanakan.

Terutama, kata dia, bagaimana menjatuhkan tindakan tegas kepada para TKA ilegal yang melanggar peraturan yang ada. “Kemarin waktu sidak, Menaker kan menemukan adanya pelanggaran. Mestinya itu ditindak tegas. Kalau perlu tindakan dalam bentuk projustisia. Ini penting agar mereka tidak mengulangi lagi,” ujarnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.