Sabtu, 20 April 24

Dibalik Menteri Susi Ada Tokoh Kartini

Dibalik Menteri Susi Ada Tokoh Kartini

Jakarta, Obsessionnews.com – Siapa yang tak kenal tokoh yang satu ini. Wanita asal Jepara, Raden Ajeng (RA) Kartini. Perjuangannya dalam membangkitkan semangat kaum wanita tetap dikenang. Tak terkecuali Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Susi Pudjiastuti.

Kehadiran Kartini telah menginspirasi wanita Indonesia. Melalui pemikirannya yang dituangkan dalam tulisan, sosok ini telah membuka perspektif baru bahwa wanita pun memiliki kesempatan yang sama dalam meraih pendidikan, berkarier dan menggapai cita-cita setinggi mungkin.

Susi mengakui salah wanita yang menginspirasinya selama ini adalah Kartini. Ia menilai, lewat surat-suratnya terlihat bagaimana kecerdasannya. Apa yang dia bicarakan, pemikiran yang jauh sangat perspektif dan variatif. Tapi dia juga tidak menghilangkan budaya dan kearifan lokal yang ada.

Susi berprinsip, untuk bisa sukses menjadi Kartini masa kini. Kuncinya adalah, tidak perlu ragu dengan kemampuan diri sendiri.

“Saya tidak pernah membedakan diri saya dengan para pria. Dengan merasa setara maka saya yakin bisa melakukan juga apa yang pria lakukan,” ucap wanita asal Pangandaran, Jawa Barat ini dalam siaran persnya di sebuah temu wicara di Jakarta, Kamis (20/4).

Menteri Susi menilai, peran wanita yang inspiratif saat ini sangat dibutuhkan. “Peran wanita saat ini tentunya sangat dibutuhkan. Kalau tidak di depan sebagai planner, atau sebagai organizer,” tuturnya.

Ia pun berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya wanita Indonesia untuk tidak mempermasalahkan gender dan harus berkreasi semaksimal mungkin.

“Stop mempermasalahkan gender. Kerja, bergerak, berkarir, berprestasi tanpa berpikir ‘Oh saya perempuan, oh saya tidak boleh ini, oh saya tidak boleh itu, oh saya harus diistimewakan. Jangan berpikir gender itu persoalan!”, pungkasnya. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.