Dandim dan Ribuan Santri Nobar Film G30S PKI

Dandim dan Ribuan Santri Nobar Film G30S PKI
Dandim 0824 saat memberikan sambutan didepan santri

Jember – Bertempat di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Qurnain Jl. Imam Sukarto, Desa Balet Baru Kec Sukowono pada Senin (25/9/2017) pukul 19.00 Wib, digelar nonton bareng (Nobar) Film Penghianatan G30S/PKI yang diikuti oleh 1.620 orang santri dan pengajar Ponpes tersebut.

Hadir pada kesempatan tersebut, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto didampingi Danramil 0824/04 Sukowono Kapten Inf Jarwo Adi Purnomo dan disambut langsung oleh Pimpinan Pondok KH Yazid Karimullah, Kepala Desa beserta perangkat Desa Baletbaru.

Acara diawali sambutan selamat datang oleh KH Yazid Karimullah kepada Komandan Kodim 0824 Jember. “Mari kita melihat kejadian memilukan yang terjadi pada Bangsa Indonesia pada tahun 1965 dimana PKI (Partai Komunis Indonesia) berupaya menggulingkan pemerintahan dan menggantikan idiologi negara kita Pancasila dengan idiologi komunis yang dapat digagalkan dan PKI itu sendiri hingga saat ini dilarang hidup dan berkembang di Indonesia,” tegasnya.

Selanjutnya sambutan Komandan Kodim (Dandim) 0824 Jember menyampaikan terima kasih kepada pimpinan atau pengasuh Ponpes Nurul Qurnain yang telah menfasilitasi santrinya untuk melihat film penghianatan G 30 S/PKI ini.

“Upaya pemutaran yang diinisiasi oleh TNI ini semata-mata adalah untuk memberikan pemahaman sejarah kepada generasi muda, bahwa idiologi yang cocok bagi bangsa Indonesia adalah Pancasila dan dengan melihat film ini saya berharap semakin menguatkan kemantapan kita untuk setia dan selalu menjaga dasar negara Pancasila,” tandas Letkol Inf Rudianto.

Nobar film G30S PKI pada malam tersebut tidak hanya dilaksanakan di wilayah Koramil 0824/04 Sukowono namun di berbagai tempat diseluruh jajaran juga melaksanakan diantaranya di Koramil 0824/18 Kencong di Kantor Desa Kraton dihadiri 190 orang, Koramil 0824/13 Rambipuji di Balai Dusun Bindung Ds Pecoro dihadiri 146 orang, Koramil 0824/15 Bangsalsari di Balai Desa Gambirono dihadiri 145 orang, Koramil 0824/22 Balung di Balai Desa Balung Kulon dihadiri 202 orang.

Sambutan masyarakat Jember cukup antusias hingga beberapa lingkungan meminta diputarkan film penghianatan G 30 S/PKI tersebut di lingkungannya dan Komandan Kodim 0824 Jember telah memerintahkan untuk menfasilitasi bagi warga masyarakat yang menghendaki diputarnya film tersebut. “Justru itu yang kita harapkan sehingga tanpa diminta TNI pun masyarakat sendiri yang meminta,” tutur Dandim Jember, Jawa Timur. (Red)

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.