Dana Bergulir yang telah Dialihkan ke LPDB-KUMKM Sebesar Rp 894 M

Dana Bergulir yang telah Dialihkan ke LPDB-KUMKM Sebesar Rp 894 M
Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM Braman Setyo membuka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pengalihan Dana Bergulir Tahun 2017, di Mataram, NTB, Rabu (8/11/2017).

Mataram, Obsessionnews.com – Total plafon dana bergulir program Kementerian Koperasi periode 2000-2007 sebesar Rp 3,2 triliun. Namun setelah dilakukan apraisal pada tahun 2009, didapatkan potensi dana yang dapat dikembalikan jumlahnya sebesar Rp 1,2 triliun.

Hal itu dikemukakan Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM Braman Setyo dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pengalihan Dana Bergulir Tahun 2017, di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (8/11/2017).

Acara ini turut dihadiri Asdep Pembiayaan Non Bank dan Perpajakan Kemenkop UKM Suprapto, Sesdep Restrukturisasi Usaha Kemenkop dan UKM Halomoan Tamba, Kadiskop dan UKM Provinsi NTB H Lalu Saswadi dan Dirkeu LPDB-KUMKM Ahmad Nizar.

Braman mengungkapkan, dari dana bergulir sebesar Rp 1,2 triliun baru sekitar Rp 894 miliar yang sudah dialihkan koperasi ke rekening LPDB KUMKM. Sisanya masih berada di sekitar 419 koperasi di seluruh Indonesia.

“Dana bergulir ini sifatnya revolving dari APBN, makanya harus dikembalikan ke rekening LPDB KUMKM, sesuai amanat dari Peraturan Menteri Keuangan 219/2009 dan Kepmenkop UKM,” kata Braman.

Braman mengaku, pihaknya sudah melakukan program pengalihan rekening dana bergulir ini di enam provinsi. Diantaranya, Jambi, Yogyakarta, Jatim, Bali, Jabar, dan Lampung. Sedangkan di NTB masih kurang Rp 5,7 miliar dari Rp58,5 miliar.

Braman pun menegaskan, pihaknya akan memberikan reward kepada koperasi-koperasi yang sudah mengembalikan dana bergulir tersebut. Mengingat suku bunga yang ditetapkan bisa dibilang yang paling murah dibanding lembaga keuangan lainnya.

“Yang sudah bisa mengembalikan, maka kami akan memberikan perhatian, bila minta dana bergulir lagi tentu kami akan berikan,” ujar Braman. (Has)

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.