Sabtu, 27 April 24

Bridgestone Gelar Kampanye Tahunan Tire Safety ke-9

Bridgestone Gelar Kampanye Tahunan Tire Safety ke-9

Press Release

Karawang, Jawa Barat – PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN), anak perusahaan dari produsen karet dan ban terkemuka dunia, Bridgestone Corporation, kembali menggelar kampanye tahunan Keselamatan Ban (Tire Safety) dari tanggal 20 hingga 24 Mei 2017 atau selama 5 hari di lokasi peristirahatan KM57, Tol Cikampek, Jawa Barat. Ini adalah kampanye ke-9 yang diadakan Bridgestone secara berturut-turut sejak diperkenalkan pertama kali tahun 2009. Salah satu terobosan terkini dalam pelaksanaan kampanye Tire Safety tahun ini adalah pelaksanaannya yang juga dilakukan di 124 cabang Toko Model (TOMO) Bridgestone yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tema kampanye Tire Safety yang diusung tahun ini adalah “Ban Sehat, Anda Selamat”, di mana ban yang memiliki tekanan udara yang tepat dapat membebaskan Anda dari masalah berkendara dan meningkatkan kualitas keamanan itu sendiri. Kampanye tersebut bertujuan untuk mengurangi jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sekaligus menginformasikan betapa pentingnya peranan ban untuk keselamatan berkendara dan mengedukasi pengendara untuk selalu merawat ban dengan baik dan benar serta prosedur keselamatannya.

Tahun ini juga Kampanye Keselamatan Ban (Tire Safety Campaign) mengedepankan tiga faktor utama yang akan membuat berkendara lebih aman. Pemilihan ban yang tepat (Right Tire) merupakan faktor yang paling penting dalam hal meningkatkan keselamatan dalam keadaan jalan yang beragam. Tekanan ban yang tepat serta kehausan pemakaian ban juga merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai berkendara. Faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan bahwa ban dalam keadaan tidak rusak serta permukaan yang tidak rata dimana itu memiliki peranan penting yang sangat krusial dalam keselamatan berkendara.

Berdasarkan jumlah pengunjung beberapa tahun sebelumnya, pengunjung kampanye Tire Safety telah sukses meningkat dari tahun ke tahun. Sementara di lima tahun pertama penyelenggaraan kampanye, jumlah peserta yang hadir meningkat dua kali lipat dari 1.752 peserta di 2009 menjadi 3.393 di 2013. Sedangkan di 2014, terdapat penurunan peserta secara signifikan yang ditenggarai akibat dihentikannya penjualan bahan bakar bersubsidi di jalan bebas hambatan.

Sementara itu, di 2015, ketika kebijakan penjualan bahan bakar bersubsidi di jalan tol kembali diijinkan, jumlah peserta kampanye pun meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Selain di lokasi peristirahatan KM57, Tol Cikampek, Jawa Barat, kampanye Tire Safety tahun ini juga berlangsung di cabang-cabang TOMO Bridgestone di seluruh Indonesia yaitu di area Jabodetabek sebanyak 44 cabang, Jawa Barat 16 cabang, Jawa Tengah 13 cabang, Jawa Timur 18 cabang, Kalimantan 15 cabang, Sulawesi 4 cabang dan Sumatera 14 cabang.

“Kami sangat bangga dapat kembali menggelar kampanye tahunan tire safety untuk ke-9 kali secara berutur-turut di Indonesia. Bahkan tahun ini kampanye tire safety juga kami lakukan di Toko Model kami, di hampir seluruh Indonesia. Kami sangat antusias untuk dapat menyelenggarakan hingga satu dekade kampanye serupa yang tinggal satu tahun ke depan saja,” demikian ujar Sales & Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia, Toshihiro Fujiki.

“Kampanye ini sebagai bukti komitmen kami dalam menjalin hubungan baik dengan publik dalam jangka panjang. Selain itu, kampanye ini juga untuk mengedukasi dan mengingatkan para pengendara akan pentingnya melakukan perawatan ban yang tidak dapat diabaikan sebab ban menjadi fungsi strategis yang langsung bersentuhan dengan jalanan,” lanjutnya.

Tenaga ahli Bridgestone Tire Safety di lokasi kampanye akan memeriksa kondisi ban kendaraan seluruh pengunjung dan membagikan pengetahuan akan perawatan ban untuk mendapatkan performa berkendara yang optimal dan tentunya aman. Juga, para pengendara diajarkan cara memeriksa tapak ban untuk menghindari bahaya akibat kerusakan pada ban yang sudah aus atau rusak sekalipun.

Selain itu, pengisian tekanan udara pada ban secara tepat dapat mencegah kerusakan ban dan mengurangi resiko keausan. Ban yang kurang angin juga dapat berakibat buruk pada performa kendaraan yang bisa berujung pada kecelakaan dalam berkendara.

Memeriksa tekanan angin ban secara tepat serta kondisi fisik ban seperti pada tapak ban merupakan cara termudah dan penting yang dapat dilakukan oleh pengendara untuk selalu aman di jalan. Waktu yang dibutuhkan untuk semua hal itu cukup singkat dan hanya perlu alat yang sederhana. Para pengendara pun dapat memeriksa ban kendaraan mereka sendiri atau mendatangi gerai Toko Model (TOMO) sebagai Bridgestone Authorized Retail untuk mendapatkan bantuan dari tenaga ahli Bridgestone.

Bridgestone juga merekomendasikan para pengendara untuk memeriksakan kondisi tekanan udara ban mereka secara rutin sekali sebulan dan sebelum melakukan perjalanan jauh. Tekanan udara ban sebaiknya diatur sesuai rekomendasi dari pabrik ban tersebut yang biasanya tertera pada sisi luar ban tersebut atau buku panduan ban.

Toshihiro Fujiki mengungkapkan kegembiraannya terkait tingginya antusiasme peserta kampanye tire safety yang selama ini dilakukan setiap tahunnya. “Kebanyakan para peserta kampanye tire safety datang dengan kesadaran akan pentingnya keamanan dan kenyamanan berkendara.”

Sementara itu, terkait dengan pola pengisian tekanan udara ban yang tepat, cara lain yang dapat dilakukan oleh peserta agar mendapatkan efesiensi dalam konsumsi bahan bakar adalah dengan memilih dan menggunakan ban yang ramah lingkungan atau eco-friendly seperti ban Bridgestone ECOPIA. Di mana ban ECOPIA ini dapat diperoleh di gerai TOMO terdekat. Ban ECOPIA sendiri berkontribusi positif pada pemeliharaan lingkungan dengan menghadirkan tingkat gulir ban yang rendah (low rolling resistance) di mana dampaknya akan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan menurunkan gas buang CO2.

PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) merupakan bagian dari Bridgestone Corporation. Bridgestone Indonesia memilik 2 pabrik di Bekasi dan Karawang serta fasilitas Proving Ground (lintasan uji coba) dan Education Center (pusat pelatihan). Fasilitas-fasilitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk serta servis kepada konsumen kami. Seluruh produk Bridgestone Indonesia tersedia melalui jaringan distributor, Toko Model/TOMO (outlet resmi), Bridgestone Truck Center, BANDAG FCZ (Retread/Vulkanisir), dan lebih dari 1.500 toko yang menjual ban Bridgestone diseluruh Indonesia.

Bridgestone Corporation, berpusat di Tokyo, Jepang, merupakan perusahaan produsen karet dan ban terbesar di dunia. Selain memproduksi berbagai model ban untuk segala jenis kendaraan, Bridgestone juga memproduksi berbagai macam produk diversifikasi seperti produk untuk industri karet, kimia dan peralatan olah raga. Produk ban dan lainnya tersebut telah menjangkau lebih dari 150 negara di seluruh dunia. (Ali)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.