Sabtu, 20 April 24

BRI Perusahaan Terbuka Terbesar di Indonesia 2017 Pilihan Forbes

Jakarta, Obsessionnews.com  – Kinerja Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI yang kinclong, mengantarkannya terpilih dalam daftar World’s Largest Public Companies 2017. Daftar yang dikeluarkan oleh Forbes ini berisikan 2.000 perusahaan terbuka terbesar di dunia.

Dalam daftar World’s Largest Public Companies 2017, terdapat 6 perusahaan di Indonesia yang masuk dalam kategori perusahaan terbesar dan terbaik di dunia. Adapun Bank BRI meraih peringkat ke-386,  di mana peringkat tersebut merupakan peringkat tertinggi dari seluruh perusahaan terbuka yang ada di Indonesia. Peringkat yang diperoleh perseroan ini melonjak dibandingkan peringkat tahun 2016, di mana di tahun lalu BRI meraih peringkat 429.

“Bank BRI tentunya sangat mengapresiasi dengan adanya penghargaan ini. Artinya kerja keras seluruh pekerja selama ini mampu membuat BRI diperhitungkan tidak hanya di kancah nasional, namun juga di taraf internasional,” ujar Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso, Senin (5/6/2017), seperti dikutip dari situs resmi BRI, bri.co.id,

Forbes World’s Largest Public Companies 2017 merupakan ajang pemeringkatan tahunan yang dilaksanakan sejak 2003 oleh majalah Forbes kepada perusahaan yang melantai di bursa saham (listed) di seluruh dunia. Pemeringkatan dilakukan berdasarkan empat komponen utama penilaian, yaitu penjualan, keuntungan, aset dan market value.

Kinerja positif BRI Triwulan I 2017

Pencapaian ini tidak terlepas dari kinerja positif yang dibukukan oleh BRI di tengah persaingan perbankan yang semakin ketat. Hingga akhir triwulan I tahun 2017, BRI mampu membukukan laba sebesar Rp. 6,47 triliun, naik dibandingkan dengan pencapaian laba triwulan I tahun 2016 sebesar Rp. 6,13 triliun. Pertumbuhan laba ini disokong oleh penyaluran kredit hingga bulan Maret 2017 mencapai Rp 653,1 triliun, tumbuh 16,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) BRI yang berhasil dihimpun perseroan mengalami peningkatan, dari sebesar Rp. 631,7 triliun di triwulan I 2016 menjadi Rp. 701,1 triliun di triwulan I 2017. Sedangkan dari sisi aset, total aset perseroan pada Maret 2017 sebesar Rp. 954 Triliun.

Sementara, harga saham PTBank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) di Bursa Efek Indonesia (BEI) per 31 Mei 2017 dibuka senilai Rp. 14.250 per unit saham dengan kapitalisasi pasar mencapai Rp. 346,8 triliun. Hal ini menjadikan Bank BRI menempati urutan kedua dari seluruh emiten di sektor finansial yang melantai di bursa. Jika dilihat sejak awal tahun hingga Mei 2017, saham BBRI telah naik lebih dari 20%, bahkan sempat mencatatkan nilai tertinggi seharga Rp. 15.300 per unit saham. Ini menunjukkan optimisme investor terhadap kinerja Bank BRI ke depan.

”Dengan semakin tingginya kepercayaan dari stakeholders, yakni penghargaan dari media serta optimisme investor tentunya akan semakin memacu Bank BRI untuk terus meningkatkan kinerja menjadi The Most Valuable Bank in South East Asia,” ujar Hari Siaga. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.