Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

BRI Berencana Turunkan Suku Bunga KUR

BRI Berencana Turunkan Suku Bunga KUR

Jakarta, Obsessionnews.com – Bank BRI berencana menurunkan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam waktu satu hingga dua bulan ke depan. Menyusul dengan arahan Bank Indonesia yang telah menurunkan suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR Rate) menjadi 4,5 persen.

Direktur Kelembagaan BRI, Sis Apik Wijayanto menjelaskan, penurunan suku bunga acuan tersebut akan mempengaruhi perhitungan biaya dana (cost of fund). Saat ini biaya dana yang dihitung masih menggunakan nilai suku bunga acuan sebelumnya sebesar 4,75 persen.

“Biaya dana sekarang ini masih biaya dana 1-2 bulan lalu. Jadi efek dari penurunan BI 7DRR Rate dua bulan,” ujar Sis Apik dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/9) lalu.

Menurutnya Bank BRI akan segera mengikuti arahan bank sentral untuk segera menurunkan suku bunga kredit. Adapun segmen yang nantinya akan dipangkas bunganya yakni segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan core business BRI.

“Rencananya (diturunkan) 0,25 persen. BRI kan banyak di sektor UMKM dan kami ngejar fee based income. Target fee based income kami Rp 12,5 triliun, dari Rp 9,2 triliun pada akhir tahun lalu,” kata Sis Apik.

Sebelumnya Bank Indonesia telah menurunkan suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate dari 4,75 persen menjadi 4,5 persen pada Agustus 2017. Kebijakan penurunan suku bunga acuan ini dilakukan agar perbankan menurunkan suku bunga kredit dan mendorong peningkatan daya beli masyarakat.

Meski suku bunga acuan BI sudah diturunkan sebanyak 175 basis points sejak pertengahan tahun lalu, namun respon perbankan untuk menurunkan suku bunga kreditnya masih lambat. Di mana berdasarkan data BI per Juli 2017 suku bunga kredit secara rata-rata industri tercatat sebesar 11,73 persen. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.