Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

BPJS Watch Kecam RSUP Kariadi Stop BPJS Kesehatan

BPJS Watch Kecam RSUP Kariadi Stop BPJS Kesehatan
* Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Dr Kariadi Semarang.

Semarang, Obsessionnews – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dinilai sejumlah kalangan melanggar aturan lantaran mengijinkan Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Dr Kariadi Semarang menutup layanan rawat jalan bagi peserta BPJS Kesehatan di Paviliun Garudan dan Paviliun Elang. Kedua Paviliun diubah menjadi kelas privat yang hanya melayani pasien khusus privat berdasaran Surat Keputusan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Semarang No.082/VI.01/01.06 tanggal 26 Februari 2016.

Salah satu kritik dari BPJS Watch selaku lembaga pengawas institusi penyedia asuransi kesehatan masyarakat itu. “Ini tidak benar, ada diskriminasi. Saya duga kuat ada permainan tidak benar.Menurut saya itu sudah melanggar aturan. Tidak ada Kelas Privat bagi peserta BPJS. Paling juga ada naik Kelas VIP tapi itu dengan mekanisme menggandeng asuransi swasta,” ujar Sekretaris Jenderal BPJS Watch, Timboel Siregar, Rabu (6/4/2016).

Seharusnya, lanjut Timboel, RSUP Dr Kariadi selaku rumah sakit pemerintah wajib menjadi penyedia layanan BPJS Kesehatan da menjalankan semua prosedur pencegahan, promotif, kuratif rehabilitatif, dan menyediakan obat barang medis. Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2013 yang diubah menjadi Perpres 19 Tahun 2016.

“Jadi kalau Kariadi menutup sebagian layanan rawat jalan pasien BPJS maka sudah menyalahi ketentuan,” ujar Timboel.

Pihaknya pun mendesak aggar Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek segera mengambil tindak segera dan tergas terhadap dinamika kebijakan ini. “Kemen.kes harus melakukan pengawasan dan harus memberi sanksi,” tandasnya..

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 1 April RSUP Dr Kariadi menyetop layanan rawat jalan bagi peserta BPJS Kesehatan di instalasi Paviliun Garuda dan Elang. Paviliun Garuda melayani seluruh jenis penyakit, sementara Paviliun Elang dikhususkan bagi pasien jantung. Beredar informasi bahwa alasan penghentian layanan karena kedua paviliun digunakan untuk melayani pasien privat. (Yusuf IH, @HanggaraYusuf)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.