Bandara Sepinggan, Mal di dalam Bandara atau Bandara di dalam Mal?

Bandara Sepinggan, Mal di dalam Bandara atau Bandara di dalam Mal?

Sebagai orang yang suka mengamati bandara, saya cukup surprise ketika mendarat dan berangkat di Bandara Sepinggan yang baru di Balikpapan, Kalimantan Timur. Bandara  megah yang diresmikan semasa Menteri Perhubungan Ignatius Jonan itu terbilang unik, sebab mengambil konsep bandara yang menyatu dengan pusat perbelanjaan (mal).

 

Terminal keberangkatan.

Lift.

Ruang check-in yang terbuka.

Kita akan merasa tidak sedang berada di dalam bandara, tetapi di dalam mal. Suasana di dalam bandara mirip dengan mal. Ada sejumlah eskalator dari satu lantai ke lantai lainnya serta deretan pertokoan dan restoran pada setiap lantai. Suasana mal semakin terasa dengan keberadaan sebuah supermarket terkenal, seperti yang diperlihatkan pada foto yang saya jepret di bawah ini.

Eskalator dengan suasana mal

Promosi produk di dalam mal.

Supermarket Matahari.

 

Pintu Gate.

Jadi, tidak salah jika saya menyatakan bahwa bandara ini di dalam sebuah mal atau mal di dalam sebuah bandara.

Alhamdulillah, negara kita sekarang memiliki banyak bandara megah yang tidak kalah dengan bandara modern di luar negeri. Sebut saja Bandara Kualanamu Medan, Bandara Ngurah Rai Denpasar,  Bandara Djuanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin Pelembang, Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, dan Bandara Sepinggan Balikpapan. (Rinaldi Munir, dosen Teknik Informatika ITB)

 

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.