Sabtu, 20 April 24

Aziz Syamsuddin Diprediksi Menang Munaslub Golkar

Aziz Syamsuddin Diprediksi Menang Munaslub Golkar
* Aziz Syamsuddin.

Jakarta, Obsessionnews – Sebanyak delapan calon ketua umum (caketum) Partai Golkar akan bersaing di Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Nusa Dua, Bali, 15-17 Mei 2016. Mereka adalah Setya Novanto, Ade Komarudin, Aziz Syamsuddin, Mahyudin, Priyo Budi Santoso, Airlangga Hartanto, Indra Bambang Utoyo, dan Syahrul Yasin Limpo.

Di antara kedelapan caketum tersebut Aziz yang termuda. Ia kelahiran 31 Juli 1970. Pria yang ramah ini mengawali kariernya sebagai pengacara. Pada tahun 2003 Aziz bergabung dengan Golkar. Setahun kemudian ia terpilih menjadi anggota DPR periode 2004-2009. Pada Pemilu 2009 Aziz kembali melenggang ke Senayan, julukan populer untuk Gedung MPR di Senayan, Jakarta Pusat. Tren positif ini berlanjut pada Pemilu 2014, di mana mantan Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ini kembali menjadi wakil rakyat.

Anggota Komisi III DPR yang juga Ketua PPK Kosgoro 1957 ini harus berjuang ekstra keras menghadapi para seniornya di Munaslub Golkar. Bagaimana peluang Aziz?

Tri Joko Susilo, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Himpunan Masyarakat Peduli Indonesia (HMPI), menilai Aziz mempunyai peluang besar untuk menjadi ketum Golkar. Alasannya adalah Aziz cukup populer, masih muda, dan aktif di DPR.

“Saya prediksi Aziz akan head to head dengan Ade,” kata Tri ketika dihubungi Obsessionnews.com Minggu (8/5/2016).

Aziz dan ketujuh caketum lainnya memiliki misi yang seragam, yakni mengembalikan kejayaan Golkar. Siapapun nanti yang terpilih menjadi ketum bertekad memenangkan partai berlambang pohon beringin ini pada Pemilu 2019. Juga mengantarkan kader Golkar memenangkan Pilpres 2019.

Sebelumnya ramai diberitakan putra mantan Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto, merupakan caketum terkuat di Munaslub Golkar. Namun pembina HMPI itu tak mendaftarkan diri sebagai caketum di hari terakhir pendaftaran di DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (4/5).

Menurut Tri, bosnya itu telah menjelaskan alasannya batal maju sebagai caketum Golkar kepada tokoh-tokoh HMPI. “Di satu sisi Pak Tommy mempunyai semangat untuk menyelamatkan Golkar. Namun, di sisi lain dia kaget dengan pola-pola transaksional di sebagian oknum kader Golkar,” kata Tri, Kamis (5/5).

Tri menjelaskan, Tommy telah membentuk tim sukses yang diketuai Subiakto Tjakrawerdaya, mantan Menteri Koperasi di era Presiden Soeharto. Tommy sepakat dengan para senior Golkar dan tokoh muda Golkar untuk menjaga marwah Golkar dari kader-kader busuk. Namun, di tengah jalan Tommy kecewa dengan semakin terasanya hawa faktor X yang menodai perjalanan Golkar menuju partai yang diisi kaum kekaryaan yang idealis dan mengedepankan ruh kecendikiawanan. Karena Golkar adalah partai yang dikenal tempat para cendikiawan bangsa.

“Tentu Pak Tommy ingin menjaga moralitas kader-kader Partai. Tidak akan melakukan money politics atau politik uang, karena itu akan memalukan sejarah ayahnya selaku pendiri Golkar yang membangun Golkar sebagai penjaga pembangunan dan rakyat. Bukan sarang bagi benalu, mafia dan pemain yang menodai ideologi kekaryaan, serta kepentingan rakyat yang tumbuh subur akibat politik transaksional. Tommy ingin memberi ikhtiar bagi pembenahan republik ini dari unsur korupsi dengan mencegah Politik Transaksional sedini mungkin,” ujar Tri.

Demi tak mengecewakan generasi muda dan tokoh sesepuh Golkar, serta semua pihak yang mengidolakan Pak Harto, lanjutnya, maka Tommy membatalkan pencalonannya dalam perebutan kursi ketum Golkar. Namun tetap fokus dalam upaya pembenahan bangsa melalui aktivitas sosial kerakyatan HMPI dan tetap berdoa yang terbaik bagi Golkar. (arh, @arif_rhakim)

Baca Juga:

Selamat Datang Soeharto Muda di Munaslub Golkar

Mengembalikan Kejayaan Golkar

Peluang Ade Komarudin Jadi Ketum Golkar Sangat Besar

Soeharto, Keluarga Cendana, dan Munaslub Golkar

Pasti Kalah, Alasan Tommy Ogah Maju Caketum Golkar

Tommy Soeharto Tak Mau Lakukan Politik Uang

‘Timing’-nya Kurang Tepat, Tommy Batal Maju Caketum Golkar

Road Show Dukung Tommy Soeharto Capres 2019

Sudah Saatnya Tommy Soeharto Selamatkan Golkar

Tommy Ubah Peta Pertarungan Calon Ketum Golkar

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.