Kamis, 28 Maret 24

Breaking News
  • No items

Asri Anas, Politisi Muda Penuh Talenta

Asri Anas, Politisi Muda Penuh Talenta
* Asri Anas.

Obsessionnews.com – ‎ Berbekal ketekunan dan semangat untuk terus belajar, Muhammad Asri Anas bisa tampil sebagai ‎politisi muda yang penuh talenta. Ia terus mengasah diri dan kemampuan dengan memaksimalkan perannya sebagai anggota DPD/MPR RI dari perwakilan Sulawesi Barat (Sulbar), sehingga dikenal luas oleh masyarakat.

Bakat Asri sebagai politis muda dan pemimpin yang berkarakter tidak hanya bisa diliat pada saat ia menduduki jabatan sebagai anggota DPD. Jauh sebelum itu, Asri juga sudah dikenal di dunia kampus sebagai mahasiswa yang berprestasi. Ia pernah menjadi Juara Debat Mahasiswa ASEAN Young di Malaysia   tahun 1996‎.

Jebolan Fakultas sastra, Universitas Hasanuddin, Makassar, ini pernah bergabung dalam organisasi pergerakan di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Meski dikenal sebagai aktivis, Asri tidak pernah meninggalkan kewajibannya di dunia akademik. Terbukti, ia termasuk menjadi salah satu lulusan terbaik dengan IPK 3,6. ‎

Setelah itu Asri menjadi lulusan Pelatihan Belanegara, mengikuti Lemhanas pemuda Nasional serta telah mengikuti Forum Bisnis-Akademik-Training,  di antaranya Nasional 68 Forum/pelatihan dan Bisnis, International 34 Forum/Pelatihan dan Bisnis, dan sekali menjadi delegasi negara bersama presiden dalam ASEAN Summit 2010.

Asri Anas dan Oesman Sapta.

Pria kelahiran Pare-Pare 1975 ini menjadi anggota DPD periode 2009-2014 dengan meraih suara terbanyak. Dan kembali terpilih sebagai anggota DPD kedua kalinya untuk periode 2014-2019. Di DPD ia ditempatkan sebagai anggota Komite I.

Karena kemampuan yang ia miliki, Asri tidak hanya ditempatkan di Komite I, ia juga ditunjuk sebagai Sekretaris Kelompok/Fraksi DPD di MPR, Wakil Ketua Tim Anggaran MPR, anggota Panmus DPD, dan anggota Pokja anggaran MPR.

Selama lebih dari tujuh tahun duduk di DPD, Asri aktif turun ke daerah untuk menyerap aspirasi sesuai dengan tugasnya. ‎Asri juga aktif terlibat dalam melakukan uji UU,  seperti,  Uji Sahih RUU tentang Perubahan Atas UU No. 38 tahun 2004 tentang Jalan, Sulbar, Sulawesi Tenggara.

‎Uji Sahih RUU tentang Perubahan Atas UU No. 38 tahun 2004 tentang Jalan, Provinsi Jawa Tengah. ‎Uji Sahih RUU tentang Perubahan Atas UU No. 38 tahun 2004 tentang Minyak dan Gas Bumi, Provinsi Sumatera Utara, Jawa Tengah. ‎Uji Sahih RUU tentang Perubahan Atas UU tentang Sumber daya air, Penerbangan, Jalan, Provinsi Jawa Tengah.

‎‎Peer Review RUU tentang Perubahan Atas UU No. 38 tah 2004 tentang Jalan, Bandung, Jabodetabek. ‎‎Peer Review RUU tentang Perubahan Atas UU No. 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, Bandung. ‎Peer Review RUU tentang Perubahan Atas UU No. 38 tahun 2004 tentang Jalan, Jakarta dan masih banyak yang lain.

Aksi Asri Anas di Gedung DPD.

Dalam hal pengawasan anggaran, Asri juga kencar mengontrol penggunaan anggaran di Provinsi Sulbar. Ia bekerja sama dengan jajaran DPRD provinsi meminta anggaran Rp 7 triliun di Sulbar dimaksimalkan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. ‎

Menurutnya, untuk mencapai pembangunan di suatu daerah maka dibutuhkan sinkronisasi antara pemerintah provinsi dengan kabupaten.
Ia berharap pemerintah juga mengelola dana pembangunan dari pusat agar benar benar daerah Sulbar dapat maju dan berkembang melalui pengelolaan anggaran yang terencana dan terarah.

Sebagai anggota MPR, Asri juga tidak letih untuk melakukan sosialiasi empat pilar yang sudah menjadi tugasnya. Era reformasi dengan perkembangan zaman yang begitu cepat, sosialiasi empat pilar dianggap penting untuk memberikan pemahaman kebangsaan di masyarakat dan meningkatkan rasa nasionalisme.

Di luar tugasnya sebagai anggota DPD/MPR, Asri juga masih aktif ikut berbagai organisasi. ‎Iatercatat menjadi ‎Bendahara BPD GAPENSI Sulbar, ‎Pengurus DPP KADIN Indonesia, ‎Ketua Dewan Pimpinan Pusat BKPRMI, ‎Ketua HKTI Sulawesi Barat 2009, ‎Wakil Sekretaris ICMI Sulbar.

Kemudian, ‎Wakil Ketua Umum DPP IMDI Indonesia, ‎Ketua DPP Pemuda Tani Indonesia, ‎Pengurus Himpunan Pengusaha DPP KAHMI, ‎pengurus DPP Partai Demokrat dan juga‎ Dewan Penasihat KKMSB Pusat. (Albar)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.