Sabtu, 27 April 24

Animo Masyarakat Awasi Pemilu Meningkat

Animo Masyarakat Awasi Pemilu Meningkat
* Sekretaris jenderal (Sekjen) Bawaslu, Gunawan Suswantoro (Foto : Kapoy/Obsessionnews.com)

akarta, Obsessionnews.com – Animo masyarakat untuk mengawasi pilkada dan pemilu mulai meningkat. Hal itu terbukti dari banyaknya pendaftar seleksi anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi maupun Panwas Kabupaten/Kota.

 

“Sahabat bawaslu langsung yang berinisiatif mendaftarkan dirinya,” ujar Sekretaris jenderal (Sekjen) Bawaslu, Gunawan Suswantoro di Media Center Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa (8/8/2017).

 

Saat ini, Bawaslu RI tengah menyelenggarakan seleksi di 25 Bawaslu Provinsi yang akan berakhir masa jabatannya pada 20 september 2017.

 

Seperti diketahui, Bawaslu RI telah menyatakan 1.609 orang pendaftar anggota Bawaslu Provinsi di 25 Provinsi lolos seleksi administrasi.

 

Untuk peserta yang lolos seleksi akan menjalani tes tertulis, menjalani tes kesehatan dan tes kejiwaan atau psikologi.

 

“Selanjutnya, tim seleksi Bawaslu Provinsi di masing-masing daerah harus menghasilkan minimal 12 orang dan paling banyak 24 orang untuk menjalani tes wawancara dan tes kesehatan dan kejiwaan lanjutan,” katanya.

 

Dari 12 hingga 24 orang peserta itu, tim seleksi akan menyaring kembali menjadi enam orang yang akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh ketua dan anggota Bawaslu RI.

 

Selain proses seleksi, Bawaslu Provinsi, saat ini juga sedang berlangsung proses seleksi panwas kabupaten/kota. seleksi panwas kabupaten/kota sebagian sudah memasuki tahapan uji kelayakan dan kepatutan oleh Bawaslu Provinsi.

 

“Panwas di sebagian kabupaten atau kota lainnya sudah ditetapkan,” tuturnya.

 

Selanjutnya untuk pelantikan anggota panwaslu kabupaten/kota terpilih direncanakan dilakukan secara serentak pada 23 atau 24 agustus 2017. dengan demikian, pengawasan pelaksanaan pilkada bagi daerah yang menyelenggarakan pemilihan Gubernur, Bupati dan/atau Walikota dapat segera dilaksanakan. (Poy)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.