AHY Idola Baru Anak Muda

AHY Idola Baru Anak Muda
Salah satu foto yang dipajang di kantor DPC Partai Demokrat Surabaya. (Foto: Twitter: @hincapandjaitan)
Meski kalah di Pilkada DKI 2017, popularitas Agus tak ikut tenggelam.

 

Jakarta, Obsessionnews.com –  Agus Harimurti Yudhoyono wajah baru di pentas politik. Pria yang akrab disapa AHY ini berlatar belakang militer. Nama putra Presiden keenam RI yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ini mulai dikenal saat maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pilkada DKI Jakarta 2017. AHY berpasangan dengan mantan Deputi Gubernur DKI Bidang Kepariwisataan dan Budaya Sylviana Murni. Sebagai konsekuensinya menjadi cagub, AHY harus mengundurkan diri dari dunia militer dengan pangkat mayor TNI AD.

Duet Agus-Sylvi di Pilkada DKI 2017. (Foto: Edwin B/Obsessionnews.com)

Agus-Sylvi diusung Partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN. Mereka bersaing dengan gubernur dan wagub petahana DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Ahok-Djaroy diusung PDI-P, Golkar, Nasdem, dan Hanura. Sedangkan Anies-Sandi diusung Partai Gerindra-PKS.

Pemungutan suara dilakukan pada 15 Februari 2017.  Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI  pada Senin (27/2/2017) mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, yakni Agus-Sylvi memperoleh  937.955 suara atau 17,05%, Ahok-Djarot (nomor urut 2) mendapat 2.364.577 (42,99%} dan Anies-Sandi (nomor urut 3) memperoleh  2.197.333 ( 39,95%).

Ketiga pasangan calon tidak ada yang memperoleh suara lebih dari 50 persen sebagai persyaratan untuk ditetapkan sebagai gubernur dan wagub sebagaimana ditetapkan dalam UU 29/2007 tentang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Untuk itu pada rapat pleno Sabtu (4/3) KPU DKI memutuskan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi maju di putaran kedua pada Rabu (19/4).

Di pemilihan putaran kedua, Rabu (19/4/2017), di luar dugaan Ahok-Djarot tumbang.  KPU DKI  mengesahkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, Minggu (30/4). Anies-Sandi memperoleh 3.240.987 suara atau 57,96%. Sedangkan Ahok-Djarot mendapat 2.350.366 suara atau 42,04%.

Jumat (5/5) KPU DKI menetapkan Anies-Sandi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. Anies-Sandi akan dilantik pada Oktober mendatang untuk periode 2017-2022.

Idola Anak Muda

Meski kalah di Pilkada DKI 2017, popularitas Agus tak ikut tenggelam. Nama pria yang berusia 39 tahun ini masih menjadi buah bibir masyarakat. Hal ini terkait aktivitasnya ke berbagai daerah bersama Partai Demokrat. Tujuan utama safari tersebut merupakan upaya Partai Demokrat untuk memperkenalkan Agus.

Namun, tak dapat dipungkiri hal itu untuk mengampanyekan Agus sebagai capres pada Pilpres 2019. Apalagi jika dikaitkan dengan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Demokrat di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), 9 Mei 2019 yang ingin kader partai diusung. Suara dari daerah berharap Agus ikut maju bersaing.

Wakil Sekjen DPP Demokrat Putu Supadma Rudana tak menampik keinginan kader agar Agus maju ke Pilpres 2019. Menurut Putu, suami Annisa Pohan tersebut merupakan anak muda yang berpengalaman di militer.

“AHY sosok pemimpin yang cerdas dan masih muda. Dia sudah digembleng menjadi pemimpin sejak di Akademi Militer. Bahkan, sudah 16 tahun di militer dan selalu menduduki posisi pimpinan,” kata Putu kepada sebuah media online, Selasa (30/5).

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Hinca Panjaitan memposting dua  foto AHY yang disertai tulisan AHY Idola Baru Anak Muda, dan AHY Jadi Idola Baru Anak Muda Jatim, yang dipajang di kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Surabaya.

gambar2 AHY ini sebagian saja dari gambar2 @AgusYudhoyono yg terpampang di kantor @PDemokrat Surabaya yg dipimpin orang muda jua @rika2731,” kicau Hincau di akun Twitternya, @hincapandjaitan, Selasa (14/6). (arh)

 

Baca Juga:

Demokrat Persiapkan AHY Maju di Pilpres 2019? (Bag. 1)

Demokrat Persiapkan AHY Maju di Pilpres 2019? (Bag. Terakhir dari 2 tulisan)

Agus Yudhoyono: Anak Muda Jangan Takut Gagal

Mahfud Puji Agus Yudhoyono Cerdas dan Bukan Karbitan

 

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.