Ada Cinta di Pulau Labengki

Ada Cinta di Pulau Labengki
Dive di Labengki, Sulawesi Tenggara.

Pesona keindahan alam yang ada di Indonesia bagian tenggara tak bisa disangsikan lagi.

Eh, bukan karena ane asli dari sana terus ngebangga-banggain, bukan!

Sudah terpampang jelas bukti nyata dengan serbuan para wisatawan asing setiap tahunnya “bule-bule nyeker” hilir mudik ke tempat itu, bak angkot lalu lalang di jalanan mengejar setoran juragan. Kalau enggak percaya coba sekarang ente ke bagian imigrasi Sulawesi Tenggara, hitung sendiri tuh jumlahnya!

Destinasi seperti Wakatobi masuk dalam list utama mereka. Tapi bukan hanya tempat itu saja loh yang terkenal memiliki sorga bawah lautnya yang indah bagi para divers lokal ataupun mancanegara. Masih banyak lagi destinasi yang baru bermunculan yang tidak kalah menawan dengan yang lain, yang disebabkan kesadaran dari masyarakatnya itu sendiri.

Terletak di sebelah timur Provinsi Sulawesi Tenggara, Pulau Labengki yang exotic nan sexy, sapaan akrab masyarakat sekitar, yakni Labengki Besar. Pulau yang saat ini tengah digunakan sebagai lahan konservasi taman laut tidak kalah keceh dengan tempat-tempat lainnya. Para anemon penghuni pesisir pulau itu mulai bernafas lega dengan menyerbu terumbu karang yang cantik terdapat di pulau tersebut.

Memang sih Pulau Labengki kalah eksis dengan tetangganya, Wakatobi. Alasan utamanya karena pulau ini baru saja muncul di permukaan, atau kata lainnya baru terkenal. Namun, soal keindahan boleh bersaing lah dengan Wakatobi yang sudah lama eksis.

Berbicara masalah fasilitas, lumayan lengkap untuk saat ini, mulai dari restoran, dive center, snorkeling, kayak, clear boat, sandeq traditional boat, hanging tend, hammock, slackline, climbing, speed boat, flying fox, dan masih banyak lainnya bisa ditemui disini.

Stasiun TV nasional pun sudah sering lalu lalang juga ke Pulau Labengki. Presenter “My Trip My Adventure” Nadine Candrawinata, Sumargo Deny, Rikas Harsa dan David J juga sudah pernah main ke sana kok. Tapi ketika mereka ke sana, masih dalam tahap membangun. Jadi fasilitasnya enggak sekeren saat ini. Oh iya, tidak menuntut kemungkinan, berkat acara mereka, membuat Pulau Labengki diketahui masyarakat luas hingga kini.

Banyak spot yang bisa disambangi jika berkunjung ke tempat itu.

Labengki Kecil

Pulau Labengki Kecil adalah pusat tempat segala aktivitas masyarakat pulau (orang pulo) dilakukan. Pasalnya, Labengki Besar tidak dapat ditinggali masyarakat karena tidak memungkinkannya membuat aktivitas di tempat tersebut. Tekstur tanahnya yang berbatu tajam dan tidak adanya lahan untuk membangun. Yang ada hanya villa yang telah dibangun untuk pariwisata dibibir pantai.

Wisatawan dan warga Labengki Kecil.

Jika berkunjung ke Labengki Kecil, ente akan disambut dengan kemeriahan anak-anak kecil yang biasa nungguin tamu di dermaga pulau. Sekadar bercengkrama dan memamerkan tubuh exotic mereka kepada para wisatawan, buah tangan sangat mereka senangi, bukan kode keras sih.

Pasir Panjang

Namanya saja pasir panjang, ya tentu tahulah pantainya gimana. Tak hanya pantainya saja yang panjang, tapi suasananya bikin enak, banyak pohon kelapa yang sangat rindang melindungi pantai tersebut. Ente yang anak kota serasa jadi anak pantai yang sesungguhnya deh, tempatnya yang belum terjamah masyarakat luas membuatnya semakin menggigit.

Masalah air laut jangan ditanya lagi, beningnya enggak ketulungan. Ibaratnya, jarum pentul pun yang kecil kalo ente buang ke laut, terlihat banget saking jernihnya. Pokoknya jangan diragukan lagi deh.

Pohon kelapa yang berjejer di sepanjang garis pantai membuat suasananya bikin adem. Pasirnya yang sekuning buah dukuh tidak kalah dengan pasirnya.

Miniatur Raja Ampat

Miniatur Raja Ampat.

Raja Ampat, terkenal dengan view jejeran pulau-pulau yang tertata rapi. Rangkaian gugusan pulau-pulau yang berdekatan. Labengki memiliki spot yang terdapat rangkaian pulau-pulau yang berdekatan dan tertata rapi, makanya dikenal dengan miniatur Raja Ampat. Jadi, bukan hanya di Papua ya, di Kendari juga ada, hehe.

Teluk Cinta

Pulau Cinta.

Ini dia spot yang paling ngangenin. Sebuah teluk yang menyerupai bentuk love. Jangan baper, ini spot-nya anak-anak yang jomblo, hehe. Terletak pas dibelakang Kimaboe Lagoon Cottage, terpampang luas teluk menyerupai bentuk love. Keren kan?!

Masih banyak lagi spot-spot yang bisa di datengi jika ke Labengki. Yups, kepengen boleh, iri jangan! Selamat berwisata. (Nadhir Attamimi (Noe), mahasiswa di Yogyakarta)

 

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.