84 Ners Baru Fakultas Kedokteran UGM Dilantik

84 Ners Baru Fakultas Kedokteran UGM Dilantik
Pengambilan sumpah 84 Ners baru berlangsung di Auditorium Fakultas Kedokteran UGM, Rabu (11/1/2017).

Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK), Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, melantik 84 Ners baru. Pengambilan sumpah 84 Ners baru berlangsung di Auditorium Fakultas Kedokteran UGM, Rabu (11/1) dipimpin  oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Fakultas Kedokteran UGM, dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed., Ph.D.

Gandes Retno Rahayu memberi apresiasi kepada para Ners baru karena mereka telah berjuang dan mendedikasikan waktunya untuk belajar dan bekerja mewujudkan cita-citanya sebagai Ners. Apresiasi juga disampaikan kepada orang tua dan keluarga yang tanpa lelah menemani dan mendapingi para Ners baru sepanjang pendidikan di PSIK, FK UGM.

“Terima kasih bapak-ibu dan keluarga yang telah mengantar dan menemani putra-putri dalam menempuh studi ilmu keperawatan. Terima kasih, bapak-ibu telah mengasah dan mengasuh, tentu banyak dinamikanya, saling berdiskusi dan ini sudah barang tentu wujud kontribusi keluarga yang sangat luar biasa,” ujar Gandes Retno Rahayu.

Gandes mengajak para Ners baru dan keluarga untuk bersyukur atas pelantikan ini. Dengan pelantikan ini diharapkan para Ners baru mampu memaknai ucap janji pelantikan dalam tindakan nyata. Dengan mengucap janji Ners baru yang didampingi para rohaniwan, diharapkan dapat menerapkan profesi perawat dalam kehidupan bermasyarakat.

“Sangat merinding mendengar salah satu ucap janji yang ingin mengabdi pada kemanusiaan tanpa membedakan suku, agama, dan ras. Janji ini tentu penuh syarat makna, dan tidak gampang karena itu diharapkan semoga janji itu perlu dipertanyakan setiap hari, apa makna kemanusiaan, apa makna tidak membedakan sehingga itu bisa menjadi janji yang sungguh hidup, hidup di dalam profesi. Karena janji itu pula yang akan membuat profesi Ners menjadi sangat berharga di society kita,” katanya.

Sebanyak 84 Ners baru yang dilantik terdiri 82 Ners wanita dan 2 Ners pria. Dalam pelantikan kali ini, sebanyak 7 Ners baru memperoleh nilai IPK Profesi sempurna 4,00. Masa studi rata-rata 5 tahun 6 bulan, dan lulusan termuda diraih Ulfah Inggit Dayu Arimbi, yang berhasil meraih profesi Ners dalam usia 22 tahun 9 bulan 7 hari.

Dengan pelantikan Ners Baru Periode I, Tahun Akademik 2016/2017 maka Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran UGM berhasil meluluskan 1632 Ners. Pada pengucapan sumpah ke-30 Ners baru kali ini sebanyak 10 Ners baru berhasil meraih IPK Gabungan terbaik.

Sementara itu, Dr. Ibrahim Rahmat, S.Kp., S.Pd., M.Kes., mewakili organisasi profesi PPNI DIY, merasa senang dengan pelantikan 84 Ners Baru PSIK, FK UGM. Dengan pelantikan Ners Baru maka organisasi PPNI mendapatkan lulusan yang berkualitas.

“Dengan pelantikan ini tentu akan menambah kekuatan atau armada PPNI. Kami tentu sangat berharap para Ners baru akan menekuni profesi ini untuk mengemban amanah di masyarakat,” kata Ibrahim Rahmat.

Ibrahim Rahmat menyatakan Program Studi Ilmu Keperawatan, FK UGM, saat ini telah berhasil meraih akreditasi terbaik yaitu predikat A. Dengan mendapat akreditasi A, bagi orang tua  tentu tidak salah bila memilih PSIK, FK UGM, untuk memperoleh ilmu.

“Biasanya lulusan dari PSIK FK UGM mudah dalam mencari pekerjaan dan sangat dilirik oleh institusi-institusi pendidikan/ institusi Rumah Sakit. Dengan akreditasi A tentu berbanding lurus dengan kualitas. Karena itu, harapan kita mudah-mudahan semua itu bisa dibuktikan para lulusan menjadi orang-orang profesional yang terbaik,” katanya. (Humas UGM/ Agung)

Share artikel ini

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Masukan kode dibawah Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.