Jumat, 26 April 24

2017, LPDB akan Turunkan Suka Bunga KSP Jadi 7 Persen Per Tahun

2017, LPDB akan Turunkan Suka Bunga KSP Jadi 7 Persen Per Tahun

Jakarta, Obsessionnews.com – Lembaga Pengelola Dana Bergulir-Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), telah menurunkan suku bunga pinjamannya kepada Koperasi, khususnya Koperasi Simpan-Pinjam yang semula 8 persen per tahun menjadi 7 persen per tahun (sliding).

Direktur Utama LPDB Kemas Danial mengatakan pemberlakuan suku bunga baru tersebut akan efektif diterapkan mulai tahun 2017. Hal itu dilakukan untuk membantu kebutuhan permodalan para pelaku Koperasi dan UKM.

“Selama ini, LPDB memberlakukan dua jenis tarif layanan kepada para pelaku Koperasi dan UKM,” kata Kemas saat menyampaikan laporan akhir tahun bersama Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga di Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Kemas menjelaskan dua jenis tarif layanan tersebut, yakni Pertama, untuk skim sektor riil, dengan bunga 4,5 persen per tahun (sliding), dan Kedua untuk skim Simpan-Pinjam dengan bunga 8 persen per tahun (sliding).

Selain penurunan suku bunga, LPDB-KUMKM rencananya juga akan membatasi besaran suku bunga dari Koperasi kepada para anggotanya (end user) sebesar 18 persen per tahun (sliding) atau sebesar 9,19 persen per tahun (flat) atau kira-kira hanya sebesar 0,77 persen per bulan.

Sampai dengan saat ini LPDB-KUMKM telah menyalurkan dana bergulir sebesar Rp.8,07 triliun kepada 964.353 UMKM melalui 4.248 mitra di seluruh Indonesia. Realisasi penyaluran dana bergulir untuk tahun 2016, sebesar Rp. 1,2 triliun yang telah disalurkan kepada 148.251 UMKM, melalui 175 mitra.

Selanjutnya, untuk tahun 2017, LPDB-KUMKM mempunyai target penyaluran dana bergulir yang harus disalurkan sebesar Rp.1,5 triliun. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.